Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Senin, 10 Oktober 2016

Ketika Suami Menjadi Kapten Bengek




Dalam mahligai pernikahan, suami ibarat kapten kapal, dan kita awak kapalnya. Nah, saat sang kapten kapal yang kita harapkan tidak bisa mengarahkan kapal dengan baik inilah dia menjadi kapten bengek.  Kecewa, marah, merasa tertipu dsb...akan kita rasakan memenuhi dada hingga sesak mendera. Kita pun tidak terima dan mulai mempertanyakan kompetensinya. 

Mestinya dia sebagai suami...
Harusnya dia sebagai kepala keluarga kan...

Kapten bengek juga ditandai dengan ciri-ciri suami yang tidak handal, peragu, kurang kompeten, kaku dalam berkomunikasi dsb....

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

1.      Menyalahkan sang kapten kapal yaitu suami kita dan menuntutnya untuk segera berubah?
2.      Membiarkannya saja demi menghindari konflik alias membatin? baca juga ibu depresi dan penganut aliran kebathinan atau
3.      Mengambil alih kemudi kapal agar tidak tenggelam?

Bila kita melakukan hal yang pertama, maka tidak ada gunanya karena hanya akan memperburuk keadaan. Untuk menuntut agar suami berubah tidalah mudah alias sangat sulit, tapi bukan berarti tidak bisa.

 Ketika kita memilih jalan yang kedua, maka hanya akan membawa kepada kehancuran rumah tangga dan saat meledak akan menjadi masalah besar. Bayangkan ketika kita membiarkan saja saat suami tidak memberi nafkah, atau saat suami tidak mau shalat. Padahal kewajiban suami sebagai kepala keluarga dan imam dalam rumah tangga adalah menafkahi anak dan isterinya. Juga menjadi imam yang bisa membimbing keluarganya untuk taat kepada Allah. 

Dan bila kita memilih jalan ketiga, sah-sah saja untuk sementara waktu agar rumah tangga tidak terbenam alias hancur. Tapi, mau sampai kapan kita yang harus mengambil alih kemudi rumah tangga? Tentu rasa lelah yang luar biasa akan mendera kita. 

Memang, disaat kondisi darurat dimana suami kita menjadi kapten bengek alias tidak memiliki kemampuan yang kita harapkan sebagai pemimpin dan kepala keluarga, jalan paling baik adalah menyelamatkan dulu biduk rumah tangga kita. Karena disaat seperti ini tidaklah bijak bila kita memilih melompat dari kapal atau malah membanding-bandingkannya dengan kapten kapal yang lain. Tapi bukan berarti kita membiarkannya untuk terus tertidur dari tugas utamanya itu. 

Pilihan terbaik adalah mengambil alih kemudi, sembari kita tetap berusaha membantu suami untuk sembuh dan sadar. Tentu butuh kemauan yang kuat dari suami untuk melakukannya. Bagaimana bila suami tidak mau alias bertingkah? Akan semakin beratlah usaha kita untuk membantunya berubah. Intinya semua tergantung pilihan kita sebagi awak kapal. Apakah mengambil alih kemudi dan membiarkannya dengan pikiran bahwa ini tanggung jawab kita semata. Atau mengambil alih kemudi rumah tangga tetapi lupa menyembuhkan sang kapten bengek ini alias suami kita.

Yang terpenting sebenarnya kita mulai perubahan itu dari diri sendiri dulu, tanpa melihat masa lalu alias dengan menatap ke depan. Tentang suami yang sulit berubah, dibutuhkan kerja keras kita sebagai isteri dengan niat karena Allah dan keluarga. Barengi juga dengan doa-doa kita karena inilah kekuatan yang paling besar merubah keadaan, karena kemampuan kita yang terbatas.  


3 komentar:

  1. Baru tahu dengan istilah Kapten Bengek. Lucu namanya. Tapi, kalo saya jadi istri yg dlm keadaan punya suami seperti itu, awalnya saya mungkin bakal negur. Jika tak berdayanya karena sudah tua atau sakit, mungkin memang saatnya tulang rusuk menjadi tulang punggung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mak nia haryanto, kita yg kudu mengambil alih daripada berantakan

      Hapus
  2. Kalau sy... sayalah yg akan mengambil alih kemudi. Sekaligus mempersiapkan kapten2 baru yaitu anak2.

    BalasHapus