Rabu, 24 Mei 2017

Sulit Hamil? Berikut Salah Satu Solusinya






Tak lama setelah menikah, harapan suami isteri tentulah segera memiliki momongan. Namun tidak semua pasangan suami isteri beruntung segera dapat memiliki anak. Ada yang beberapa bulan setelah menikah langsung hamil. Namun ada juga yang tak kunjung punya anak setelah beberapa tahun. Jangan dibiarkan begitu saja bila setelah 1-2 tahun belum juga hamil. Perlu adanya cek kesehatan medis, kira-kira apa penyebab seseorang tak juga hamil padahal suami istri tersebut terbilang aktif berhubungan intim. 

Ada beberapa penyebab wanita sulit hamil salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat. Selain karena factor usia, keinginan menunda-nunda hamil, kualitas sperma dan kelelahan akibat aktivitas yang terlalu padat. Menurut Dr Harijanto, SpOG gaya hidup tidak sehat akibat seringnya:

1.      Mengkonsumsi junkfood
2.      Stress
3.      Merokok
4.      Cafein
5.      Alkohol



Sebagai dokter ahli kandungan, Harijanto, SpOG mengatakan bahwa tahun 2000 data WHO terdapat 10% - 15% pasangan bermasalah pada gangguan kesuburan. Gangguan kesuburan dapat diketahui pada faktor wanita 40%, faktor pria 30%, faktor pria dan wanita 30%. Namun sangat disayangkan 80 juta pasangan di kawasan ASIA hanya 15% saja yang mendatangi klinik “Reproduksi” untuk konsultasi. Padahal wanita di usia 15 tahun – 40 tahun adalah masa usia subur. Akan tetapi gaya hidup yang modern dan kekinian membuat gangguan kesuburan terganggu akibat karena merokok, minum alkohol, obesitas, terlalu kurus, stress dan kurang olah raga.

Untuk itu, pentingnya memperhatikan pola makan dan hidup sehat bagi wanita terutama yang sudah menikah. Namun bila sudah menjalani hidup sehat tak jua bisa hamil, maka segera periksa ke dokter kandungan. Mungkin ada factor lain yang menyebabkan sulit hamil salah satunya kualitas sperma suami dan dampak dari kelelahan. Bila segala usaha telah di coba namun belum berhasil juga, maka tidak perlu berkecil hati dan tetap berpengharapan. Pasangan suami isteri masih bisa kok, memiliki anak dengan proses bayi tabung. Yaitu proses pembuahan yang bisa dilakukan di luar hubungan suami isteri. Sebab gagal melakukan pembuahan di dalam. Salah satu klinik yang membuka praktek proses bayi tabung adalah Klinik Teratai di Gading Pluit Jakarta Timur. 






Ketika saya hadir di acara Talkshow for women health awareness yang berlokasi di Elbombon Caf̩ Gran Melia Hotel РJakarta, salah satu narasumbernya yaitu Indri Boediharjo selaku Head of Okky Modelling mengatakan bahwa ia begitu awareness dengan kesehatan, dengan menjaga jaga pola makan sehat. Bahkan beliau selalu makan buah dulu sampe kenyang sebelum makan karbohidrat setiap harinya. Ditambah juga olah raga kurang lebih 1 jam dalam 1 minggu 3x sehari dan melalukan diet yang dikontrol langsung oleh dokter gizi. Karena menurut beliau kesehatan merupakan hak anak-anak dan cucu kita yang menginginkan ibunya sehat. Sebab wanita itu lebih banyak berada di rumah, kalau sakit maka orang serumah ikut sakit juga. Sedangkan menurut narasumber lainnya yaitu Ega Bagong seorang musisi Reggae, menjaga kesehatan tak hanya secara fisik yang atletis dan seksi saja, tapi sehat dari hati dan pikiran yang positif selain olah raga teratur. Kalau dipikir-pikir benar juga sih, bila hati kita tidak bahagia dan pikiran selalu stress, maka akan berimbas pada kesehatan fisik juga. Sebagaimana kalimat dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat begitupun sebaliknya.


Dalam Talkshow ini juga dihadirkan dua orang ibu yang telah berhasil memiliki anak lewat proses bayi tabung di klinik teratai, yang menurut mereka harganya lebih hemat dari yang lain dan sudah banyak yang berhasil. Apalagi klinik ini juga sering mengadakan promo harga. Lumayan banget . Karena kita tahu sendiri biaya untuk melakukan proses bayi tabung tidaklah murah. Menurut Ibu Alfika, beliau sudah berusaha melakukan segala cara agar bisa hamil. Namun setelah 3 tahun tak jua membuahkan hasil. Ketika beliau mendengar di klinik teratai ada program bayi tabung, beliau pun mencobanya. Alhamdulillah usahanya berhasil, hingga kini sudah 2 kali Ibu Alfita melakukan pembuahan lewat bayi tabung di klinik teratai. 



Jadi kesimpulannya bila belum hamil juga setelah bertahun-tahun menikah padahal sudah melakukan berbagai cara, maka jangan putus asa dulu karena masih ada cara lain yaitu lewat pembuahan bayi tabung ini. Sebab Tujuan Bayi Tabung yaitu membantu pasangan suami istri yang susah hamil dan tidak mungkin hamil atau sangat kecil kemungkinan hamil dengan cara lain yang lebih konvensional, agar terjadi kehamilan yang sehat, lahir dengan sehat pula dan dapat tumbuh-kembang dengan baik. Info lebih lanjut tentang klini teratai bisa di lihat di link ini http://teratai-clinic.com/




7 komentar:

  1. bayi tabung solusi pasutri, selama berusaha pasti Ada jalan. semangat untuk mendapatkan nya

    BalasHapus
  2. betul ane mpo ratne masih banyak jalan:)

    BalasHapus
  3. Bayi tabung ya? Izin save ya mbak. Trima kasih infonya.

    BalasHapus
  4. Senang sekali mendengar ada pasangan yang akhirnya bisa diberi keturunan. Jadi ingat seorang teman yang sudah 6 tahun menanti buah hati terus ikut program kehamilan. Terima kasih informasinya ya Mbak.

    BalasHapus
  5. Ada banyak jalan ya. Terimakasih infonya :)

    BalasHapus
  6. sering ada rasa malu-malu kalau mau konsultasi. Jadi enggak tahu mau berbuat apa padahal pengen istri hamil. info yang baik.

    BalasHapus
  7. Gaya hidup juga mempengaruhi jg ya 🤔 selepas setahun dari KB 3 bulan sy jd sulit py anak lagi nih, apa masih ada efek kb nya ya.. kalo gaya hidup sih ga perokok, alkohol atau sibuk mlh byk santai dibrumah haha... boleh deh diinget recommend klinik reproduksinya 😊 btw, bayi tabung itu mahal ya

    BalasHapus