Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Sabtu, 04 Agustus 2018

Seo Revolution Dan Digibank, Akan Membawaku Kemanapun


Entah kenapa? Setiap kali ingat Yogya, ingin rasanya segera kesana. Namun sebagai ibu rumah tangga dengan 3 orang anak, tidak bisa pergi seenaknya dong. Banyak hal yang mesti jadi pertimbangan. Diantaranya anak-anak yang tidak bisa sering ditinggal dan dana yang belum juga tersedia. Sebab selalu habis untuk keperluan sekolah dan rumah tangga. Tapi hasrat ingin selalu travelling terutama ke kota berhati nyaman ini, selalu membuat rasa rindu tak tertahankan. Ibaratnya rindu yang tak pernah diam pada kota penuh kenangan ini. Gimana tidak selalu rindu, kota inilah yang telah mengajarkanku banyak hal soal kehidupan, saat sekolah disana.



Bertemu banyak teman dari berbagai kota dan budaya. Juga bertemu belahan jiwa yang kini sudah menjadi suami. Belum lagi kenyamanan dan keramahan kota Gudeg yang tak tergantikan. Kalau hendak dituliskan, mungkin bisa jadi sebuah novel saking banyaknya kenangan indah sekaligus alasan untuk bisa kesana. Akibatnya emak satu ini pun sering andilau, yaitu antara dilema dan galau uhuk! Efeknya jadi suka berpikir diluar logika, coba ada pintu yang bisa membuat emak satu ini ke Yogya dalam sekejap. Tanpa perlu bayar tiket, melakukan lelahnya perjalanan selama 12 jam. 



 Akhirnya berobat ke PKU karena               maag kumat akibat terlalu capek 

Dan yang paling penting bisa pulang dan pergi kapan saja euy! Semacam pintu doraemon gitu. Atau punya kelebihan teleportasi yaitu bisa berpindah tempat dalam sekejap. Assoyyy….

Suatu hari, aku membaca sebuah info di media sosial tentang Workshop keren yang diadakan ATCARAVAN Di Yogya. Wah, kebetulan banget nih, bisa jalan-jalan ke kota yang selalu kurindukan ini sambil mendapatkan ilmu yang sudah lama pengen banget diikuti. Temanya tentang SEO Revolution. Definisi SEO sendiri menurut Wikipedia adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut dengan tujuan menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas. Atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

 Sebagai emak blogger, aku kudu wajib mengikuti acara ini, agar pintu menuju kesuksesan sebagai blogger semakin terbuka lebar. Tanpa menunggu lagi, segera diriku mendaftar. Walau masih bingung, bagaimana bila seandainya terpilih tapi dana belum ada? atau tiba-tiba tidak bisa kesana karena berbagai kendala seperti anak sakit dan sebagainya. Bisa saja semua itu terjadi di luar perkiraan.

Malioboro Dari Masa Ke Masa

Bismillah…Aku tak pantang menyerah dengan tetap mencoba sambil berdoa semoga bila jadi terpilih semua hambatan tidak ada yang menghalangi, salah satunya dana yang tersedia. Surprise! aku lolos seleksi diantara blogger yang mendaftar untuk mengikuti workshop keren ini. Selain itu, tiba-tiba ada saja rejeki agar aku bisa pergi diluar yang kubayangkan jumlah dananya. Lebih dari cukup, sehingga bisa buat belanja-belinji juga. Duhai, emak mana yang tak bahagia rasanya. Ternyata kalau kita bersungguh-sungguh dalam suatu cita-cita, Tuhan pasti memudahkan. Akupun dengan semangat empat lima langsung pesan tiket online hari itu juga. Kemudian mulai browsing akan menginap dimana? Dan berapa hari disana? Alhamdulillah dapat hotel murah yang tak jauh dari lokasi acara. Rencananya setelah ikut acara, mau puasin keliling Yogya sampai rasa rindunya hilang. Walau setelah kembali ke Jakarta pasti rindu lagi. Yah sambil menyelam minum airlah.

 
Banyak Penginapan Murah Di Sosrowijayan


            Sehari sebelum acara, aku sudah nyampe di Yogya. Memang niatnya tidak datang pas acara, agar bisa jalan-jalan dulu dan istirahat. Keesokan sorenya pas tanggal 28 July 2018, aku pun bertolak ke Horaios Malioboro Hotel, lokasi workshopnya. Sebelum aacara dimulai, masih sempat janjian untuk ketemu teman satu sekolah. Saling melepas rindu dan ngobrol kesana kemari mengenang masa-masa sekolah dan saat tinggal di asrama putri.


Senang banget rasanya bisa berada di kota berhati nyaman ini bersama para blogger yang ikut workshop. Apalagi selain dapat ilmu juga dapat kenalan baru namanya Mbak Niken, blogger yang sering traveling kemana-mana, bahkan sampai ke luar negeri. Subhanallah… Dalam hati, kapan yang aku bisa seperti Mbak Niken, punya kesempatan travelling keliling dunia. Tapi, apa yang tidak mungkin, bila nanti aku sukses sebagai blogger. Uang bisa mengalir dengan mudah bila blog kita tinggi traffiknya. Untuk itulah aku belain hadir disini mendengarkan penuturan pakar SEO National Mas Didik Arwinsyah. Yang ingin lebih tahu bisa buka websitenya di www.didikarwinsyah.com.



Oh ya, AT Caravan dilaksanakan di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Makasar dan Yogyakarta. Sebuah ajang workshop blogger, untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia digital khususnya internet marketing., agar blogger mampu mendapatkan penghasilan dari blognya. Sebelum dimulai acara dibuka oleh Miss Mizuho Yamamoto selaku Project Officer dari AccesTrade, penyelenggara acara ini.



Ternyata belajar SEO itu tidak sulit, hanya dalam prakteknya perlu focus, tidak mudah menyerah dan terus latihan. Apalagi bagi blogger pemula sepertiku. Tips yang diberikan juga makjleb banget! Diantaranya:

Satu, usahakan nice blog kita satu tema, misalnya tentang travelling, kuliner, kesehatan dan lainnya. Jangan seperti gado-gado yang campurannya berisi banyak sayuran. Begitu juga blog kita, yang isinya campur aduk, ada yang artikelnya tema traveling, kuliner, beauty dan kesehatan. Bukan apa-apa, nanti Mbah Googlenya bingung saat berkunjung. Ibarat tamu yang sudah kita beritahu dimana letak toiletnya, eh begitu datang lagi toilet di rumah kita udah pindah tempat, ucap Mas Didik. Ahay…

Dua, Tulislah konten yang bersifat organic alias original tanpa adanya copy paste dan meniru tulisan lain, apalagi bila terdapat banyak kesamaan. Tak terkecuali foto-foto yang asli hasil jepretan sendiri. Siapapun tak suka dengan yang palsu-palsu, demikian juga halnya Mbah Google.

Tiga, jangan suka mengulang-ulang kata yang sama yah gaes, bosan kan itu melulu kata-kata yang keluar. Bukan hanya pembaca yang jenuh, Mbah Google jugalah.

Empat, usahakan menulis artikelnya minimal 5000 karakter, jadi jangan terlalu singkat. Semakin panjang, detail dan berbobot, tulisan akan semakin bagus dan disukai kan?

Lima, Paling penting riset dulu kata kunci utama apa yang keluar di mesin pencari. Untuk pemula baiknya menggunakan kata kunci yang panjang daripada kata kunci pendek yang hanya 2 kata, karena akan berat persaingannya dengan brand-brand yang sudah besar dan lebih dulu ada.

Enam, ide, sudut pandang dan kemasan lebih unik alias berbeda dengan orang lain. Sebab kalau sama, dimana nilai plusnya?

Ketujuh, jangan lupa dalam artikel kita, buat juga penyelesaian dari masalah orang lain. Sehingga pembaca merasa puas dan tidak kecewa karena mendapatkan apa yang ia cari.

Terakhir perhatikan kecepatan loading website kita, karena bila lemot orang akan malas membukanya. Salah satu caranya upload foto dan video dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Baru setelah itu perbanyak share ke sosial media, agar dikenal dan dibaca orang. Sebab kalau bukan kita sendiri yang promo, siapa lagi? Demi banyaknya yang tertarik berkunjung ke rumah kita.



Satu lagi hal baru yang aku dapat dalam acara ini, yaitu diperkenalkannya Bank tanpa Bank bernama aplikasi mobile Digibank by DBS. Maksudnya sebuah Bank yang tak memerlukan Bank, jadi banknya ada di dalam genggaman kita yaitu Handphone. Walau tanpa adanya Bank secara fisik, tapi keuntungannya itu loh yang luar biasa, terutama untuk emak-emak yang suka hemat dan mager alias malas gerak seperti saya.

Pertama, gratis biaya tarik tunai dan transfer di Bank manapun. Lumayan banget kan? Untuk para emak seperti diriku, biaya transfer 5 ribu atau 6 ribu itu bisa buat beli sayuran loh. Wong selisih harga 500 perak aja tetap dipertimbangkan. Para emak hayo ngaku! Hehehehe . Apalagi bila transfernya lebih dari satu Bank. Terutama bagi emak-emak yang punya Olshop, pasti terasa ketika harus transfer ke banyak distributor dan produsen barang disaat membeli produk jualan.

Kedua, Bagi yang suka nonton film, Digibank memberikan bonus 50 rb ketika Top-Up saldo M.Tic. Dimana bila kita mengisi 200 rb, maka saldo kita akan bertambah menjadi 250 rb. Begitu juga bila mengisi saldo Go-Pay, oleh Digibank akan dapat bonus 25 % saat Top-Up.  Bahkan kalau T.Cas tetap dapat bonus 50 rb loh. Misalnya mengisi 100 rb, maka akan menjadi 150 rb. Dan kalau Top-Up Tcash Telkomsel, dapat saldo ekstra 25 %. Untung banget kan?

Ketiga, Tak perlu capek bermacet-macet ria di jalan, saat hendak ke bank-bank cabang. Apalagi sampai harus mengantri panjang. Paling males rasanya bagi emak-emak seperti saya yang memiliki banyak urusan domestik disambi menulis juga. Waktu banyak terbuang di bank yang bisa berjam-jam lamanya. Berbeda bila kita mengisi saldo atau transfer lewat Digibank. Lebih mudah dilakukan di rumah sambil tiduran bahkan saat di toilet hohoho. Kita dapat memangkas waktu dan jarak. Anak-anak dan pekerjaan rumah pun tetap bisa diurus, sambil pencat pencet Handhpone. Yah, cukup bermodalkan jari jemari, semua transaksi perbankan beres dengan cepat dan mudah. Benar-benar praktis! Kita juga tak diribetkan dengan mengisi berlembar-lembar paper ketika baru buka tabungan. Sebagaimana ucapan Bapak Riza, bahwa Digibank mengusung tagline “Live More, Bang Less”


Harapannya pengguna dapat lebih menikmati hidup dengan lebih nyaman dan aman, dengan lebih santai, tanpa terganggu dan tersita waktunya untuk melakukan transaksi perbankan, seperti di dalam kantor bank konvensional. Intinya kalau ada yang lebih praktis dan mudah, kenapa harus pake ribet? Di jaman digital seperti sekarang, kalau masih males menggunakan sarana internet dan gaptek, mending kelaut aja. Disini info lebih jelas seputar digibank dan di YouTube




Setelah acara diakhiri dengan makan malam, saya pulang dengan perasaan puas dan berpikir, betapa diriku telah menemukan banyak pintu yang bisa membawaku kemanapun di era sekarang.


Bayangkan! Bila kita ingin ke bioskop mau nonton film, tak perlu keluar rumah. Cukup buka aplikasi film seperti VIU, IFLIX, HOOQ dan semacamnya. Lalu bila kita ingin shopping, tak perlu ke supermarket tapi cukup membuka Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan online shoping lainnya. Termasuk bila ingin transfer uang, tarik tunai dan ngisi tabungan, tinggal klik aplikasi Digibank. Begitu banyak kemudahan yang diberikan bagi kita di jaman ini. Mungkin bila diriku ingin ke Yogya lagi, tinggal buka pintu Wikipedia atau blog-blog travelling lewat Handphone, yang berisi imformasi seputar Yogya tanpa perlu harus sering ke Yogya yang membutuhkan dana dan persiapan matang lebih dulu. Atau buka Youtube dan rekaman video pribadi saat ke Yogya demi melepas rindu. Sesekali bila memiliki kesempatan, dana dan waktu baru mendatangi kota penuh kenangan ini secara langsung.

Sewaktu Berkunjung Ke Candi Ratu Boko

Akh, andai ada yang menciptakan pintu dimana kita bisa langsung menembus ke kota manapun termasuk Yogya kota istimewa, tanpa perlu capek dan keluar biaya seperti pintu digital menuju bioskop, Mall dan Bank yang saya sebutkan diatas. Siapa tahu suatu hari ada yang bisa dan menemukan caranya. Seperti ucapan Mas Didik Arwinsyah tentang tips penting terakhir yaitu kata kunci kemungkinan terjadi. Jadi kata kunci ini kita duluan yang punya, dimana orang lain belum memikirkannya. Misalnya kata kunci paket umroh 2019 atau sewa mobil murah 2025. Kita bisa mencoba mengetikkan kata kunci dan buktikan apakah sudah ada keluar di mesin pencari? Kemungkinan itu pasti ada kan? Bukankah dulu orang tidak percaya bisa sampai ke bulan? Nyatanya sekarang sudah ada yang bisa mendarat di bulan. Semoga setelah menimba ilmu SEO Revolution, blogku berada di halaman pertama terus, hingga meraih keuntungan yang lumayan dari segi materi. Selain mudah ditemukan semua orang. Dan lewat Digibank, aku bisa pergi kemanapun  dengan saldo yang selalu gendut setelah ini:) Aminnn





















           

5 komentar:

  1. 5000 karakter ya kak, lumayan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak biar tulisan kita lebih detail dan komplit kayaknya😊

      Hapus
  2. Waw, 5000 karakter Buk, keren dah alir cerita digabung antara travelling, acara blogger, dan diceritakan seperti buku diari, ceritanya mengalir. Tambah ilmu, alhamdulillah :) salam kenal dari wong Mbuantul hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak dwi salam kenal juga ya🤗 makasih udah berkunjung

      Hapus