Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Minggu, 20 November 2022

#SuamiIstriMasak Bersama Bisa Mempererat Hubungan

Pernikahan yang kita jalani adakalanya menjadi berjarak satu sama lain, hingga bisa membuat hubungan menjadi renggang. Bisa karena kendala komunikasi dan kesibukan yang tiada henti. Masalah hilangnya kedekatan karena kendala komunikasi sebaiknya segera diatasi dengan memiliki waktu untuk saling mendengarkan. Sementara bila karena kesibukan membuat kita tak lagi mengenali pasangan, maka sudah menjadi warning bahwa hubungan perlu diperbaharui salah satunya dengan mengurangi kesibukan masing-masing dan meluangkan waktu untuk bersama. Jadi kata lainnya luangkan waktu untuk quality time bersama pasangan meski hanya sebulan sekali. Dimana saat menghabiskan waktu berdua saja, kita akan memiliki waktu untuk saling bicara lebih intim, saling mengenali kebutuhan masing-masing, yang otomatis bisa mempererat hubungan. 




Dampak buruk kurangnya quality time :


  1. Mudah stress dalam pernikahan karena kurangnya kedekatan bersama pasangan 

  2. Komunikasi yang kian memburuk sebab kurangnya waktu untuk saling berbicara sehingga menimbulkan prasangka dan miskomunikasi. Komunikasi yang buruk ditandai dengan tidak adanya keterbukaan terhadap pasangan. Mudah terjadi pertengkaran dan selalu mengungkit masa lalu

  3. Hilangnya keromantisan bersama pasangan

  4. Muncul kejenuhan dalam hubungan yang bisa memicu perselingkuhan


Namun penyebab tertinggi perceraian setelah faktor ekonomi dan orang ketiga adalah komunikasi yang buruk dalam pernikahan. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa sekitar 50 persen alasan perceraian berkaitan dengan komunikasi yang buruk. Yaitu terlalu sering berdebat, bertengkar dan tidak dapat berbicara dengan baik satu sama lain.


Quality time tidak harus yang ribet dan banyak biaya. Kita bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan nonton berdua, makan berdua di luar, liburan berdua dan sebagainya. Saya pribadi sesekali memasak di dapur dengan dibantu oleh suami. Salah satunya memasak menu kesukaan kami berdua ketika makan berdua di luar yaitu tongseng ayam maupun kambing. Suami membantu merajang sayuran dan mengulek bumbu. Saya bagian yang memasak bahan hingga matang.


Soal masak bareng suami, kerap memunculkan pandangan bahwa masak kan hanya tugas para istri, sedangkan para suami tidak pantas turun ke dapur. Biasanya pengaruh patrilineal masih kuat dalam memegang prinsip ini. Padahal dampak positif masak bareng suami selain mempererat hubungan, juga membangun rasa kekompakan antara suami istri. Bahkan banyak istri yang mengaku suami yang membantu mereka di dapur terlihat lebih seksi dan semakin membuat istri mereka jatuh cinta.


Mengingat banyaknya manfaat  #SuamiIstriMasak bersama, dikampenyakanlah moment ini salah satunya oleh Kecap ABC yang sudah berlangsung sejak tahun 2018 dimana : 


2018: Kampanye diinisiasi

2019: Insisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan

2020: Kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan

2021: Kolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami & istri di dapur.


Buang kekhawatiran bahwa hasil masakan kolaborasi bersama harus super lezat, karena yang penting kebersamaannya. Apalagi bila masaknya ditambah dengan Kecap ABC, yang akan menambah rasa menjadi lebih enak dan meresap bumbunya, sebab kami berdua sama-sama suka kecap, salah satunya kecap manis ABC. Untuk itu kecap manis selalu tersedia di rumah. Namun bila punya uang lebih, kami quality time dengan staycation di hotel terdekat atau liburan berdua ke luar kota. 





Saya dan suami menyadari pentingnya quality time, apalagi anak-anak sudah beranjak dewasa. Waktu kami jadi lebih banyak untuk bersama karena tidak lagi repot mengurus anak saat masih kecil. Bagi kami manfaat quality time tidak hanya sebagai salah satu cara untuk semakin dekat satu sama lain, tapi juga bisa :


  1. Membangun kembali romantisme diantara kami seperti di awal menikah. Sebab yang namanya hubungan bisa mengalami kejenuhan hingga perlu adanya penyegaran lewat menghabiskan waktu bersama pasangan. 

  2. Memperbaiki komunikasi dan salah paham yang kadang bisa terjadi dalam menyelesaikan masalah. Sebab ketika berdua saja dalam situasi yang menyenangkan, kondisi suami istri dalam keadaan tenang, sehingga lebih mudah untuk saling ngobrol dan terbuka satu sama lain.

  3. Membangun kekompakan satu sama lain

  4. Memperbaharui komitmen pernikahan 


Namun agar  quality time bersama pasangan berjalan lancar ada tipsnya yaitu :


  1. Singkirkan dahulu masalah yang bikin stress dan cobalah santai sejenak

  2. Hindari membicarakan hal-hal yang berat misalnya tentang biaya atau cicilan, masalah anak dan pekerjaan

  3. Saling bekerjasama agar quality time berjalan lancar

  4. Tidak saling memaksakan keinginan jadi harus ada kesepakatan 

  5. Usahakan tidak asyik sendiri-sendiri, jadi lakukan segalanya berdua.

  6. Tidak berdebat yang dapat merusak moment bersama

  7. Sesekali bisa juga menyiapkan sebuah surprise sebagai kejutan.


Kesimpulannya sesibuk apapun pasangan suami istri, tetap penting meluangkan waktu sejenak untuk  menghabiskan waktu berdua saja demi kelangsungan dan kedekatan hubungan. 




tulisan ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak Kecap ABC.  Yuk ibu-ibu ciptakan quality time  bersama suami, salah satunya yang paling mudah dan hemat dilakukan dengan mengajak suami masak bareng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar