Minggu, 16 April 2017

Menjadi Perempuan Hebat Karena Cinta




Mendapat undangan sebagai blogger untuk menghadiri acara penganugerahan 6 perempuan hebat Indonesia di Senayan City yang digelar oleh Liputan SCTV, membuat saya tersanjung sekaligus berdecak kagum Wow! Perempuan Hebat. 

”Siapa tahu bisa ketularan hebat ya, Yah,” ucap saya pada suami.

“Sekarang juga sudah hebat kok,” balas suami. Membuat saya tertegun dan merasa suprise. Masak iya sih? Ternyata suami menganggap saya salah satu perempuan hebat di matanya. Meskipun hanya seorang ibu rumah tangga tanpa berkarir di luar rumah, selain menulis. Alhamdulillah sudah lahir beberapa karya berupa buku parenting, pernikahan dan cerita anak. Pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah sambil momong anak dan ngurus suami.

Kembali ke topik perempuan hebat. Menurut saya pada dasarnya semua perempuan itu hebat. Entah itu sebagai seorang ibu maupun seorang isteri yang bekerja maupun yang di rumah saja alias full time mother. Kenapa saya bilang hebat? Karena semuanya adalah pekerjaan yang tidak mudah alias butuh perjuangan dan pengorbanan, hingga bisa mendapatkan gelar sebagai ibu dan isteri yang hebat. Dan satu hal lagi, predikat sebagai perempuan, ibu dan isteri yang hebat bisa di dapat bila dilakukan karena cinta. Yah cinta! Sebab bila peran yang dilakukan tanpa cinta, takkan ada hasil yang memuaskan di dalamnya. Tak ada pengabdian dan ketulusan di dalamnya. Serta tak adanya kebanggaan atas peran yang dijalani. 


Tentu berbeda bila seseorang melakukan pekerjaan yang dilandasi akan rasa cinta terhadap pekerjaannya. Pastilah ada totalitas dan kesengguhan di dalam melakukannya, hingga berhasil menjadi hebat di bidangnya. Sebagaimana 6 perempuan hebat berikut ini, yang mendapatkan anugerah dari Liputan6.com


1.      Puspa Arum Sari, yang meraih predikat sebagai pesilat  perempuan terbaik Indonesia. Dimana beliau telah memenangi Kejuaraan Dunia pada tahun 2016 mengalahkan Negara Vietnam.

2.      Maria Sulistyani, seorang seniman dari Yogyakarta dengan Papermoon Puppetnya. Theater boneka yang didirikannya bahkan pernah tampil di Kennedy Center, AS dengan menceritakan salah satu wayang sejarah kelam Indonesia. Tak hanya samapi disitu, pada tahun 2015 Maria pernah tampil di Royal Festival Hall, Southbank, London, hingga meraih  penganugerahan Perempuan Hebat 2017.



3.      Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati, seorang Peneliti dan Pengajar ITB yang berhasil meraih penghargaan L’Oreal-UNESCO for woman in Science pada tahun 2008. Ternyata sejak kuliah di Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung, Tri Ari Penia sudah aktif dalam penelitian. Tak heran ketekunan Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati membuahkan hasil karena totalitasnya dalam melakukan penelitian. Tak hanya itu, Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati pun mencoba meneliti limbah kelapa sawit,  serta bahan lokal Indonesia seperti : singkong, Ubi, Ketela dll. Sungguh patut diacungi jempol

4.      Kapten Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri yang merupakan perempuan pertama yang menjadi penerbang helikopter di TNI AU. Padahal biasanya kebanyakan untuk penerbang helikopter dipegang oleh kaum laki-laki. Namun Fariana berhasil membuktikan bahwa perempuan juga berani dan bisa melakukannya. Pekerjaan ini sangat didukung oleh orang tuanya, hingga berusaha dapat mempertanggung jawabkannya sebagai Angkatan Udara mewakili Indonesia.

5.      Helga Angelina Tjahjadi, yang telah berhasil membuka bisnis makanan sehat dengan mendirikan Burgreen bersama suaminya. Sebagai Co-Founder Managing Director Burger, ternyata Helga mempunyai pengalaman pribadi terkait ide bisnis ini. Beliau juga membuat makanan jungfood, dimana dalam waktu sangat singkat dapat berkembang dengan pesat. Karena prestasi inilah dia mendapatkan anugerah Perempuan Hebat 2017.


6.      Shopia Hage, seorang dokter yang sangat peduli pada korban kejahatan seksual, dengan keahlian bahasa asing kemudian mendirikan Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Dengan segala kontribusi kepada masyarakat, maka Shopia Hage memperoleh anugerah Perempuan Hebat 2017. 




Liputannya juga bisa  teman-teman lihat di link berikut ini.




Bandingkan bila dikerjakan tanpa rasa cinta, hingga setengah-setengah dalam mengerjakannya. Begitu juga dengan peran kita sebagai seorang isteri dan seorang ibu. Kalaulah bukan karena rasa cinta pda keluarga yaitu anak-anak dan suami, apa kita rela berpayah-payah dan mengorbankan banyak hal? Namun semua pengorbanan dipandang sebagai sebuah hal yang indah dan membahagiakan. Apalagi bila melihat anak-anak kita bisa tumbuh sehat dan berhasil di bidang yang mereka sukai.  Sungguh kebahagiaan dan sebuah prestasi yang tak ternilai harganya bagi seorang ibu. Begitu juga seorang isteri yang selalu mendukung suaminya hingga bisa sukses. Bagaimanapun dibalik sosok anak dan suami yang hebat, ada sosok seorang ibu dan isteri yang hebat. Betul?....

Intinya bila perempuan-perempuan mendapatkan dukungan dalam melakukan karir dan perannya dengan cinta, maka akan menjadi hebatlah ia. Entah itu sebagai perempuan karir yang hebat, ibu rumah tangga dan isteri yang hebat.Setuju?





2 komentar:

  1. Selamaat hari kartinii mbah haruun dan semuaa wanitaa di Indonesiaa. Sepakaat mbak, setiap perempuan itu terlahir hebat dan istimewa :) full time mother pun sangat hebat menurut saya, karena menjadi ibu yang baik dengan setiap pekerjaan rumah yang ada tidaklah mudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat hari kartini juga mbak salam hebat!:)

      Hapus