Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Kamis, 20 Januari 2022

Tips Mengatasi Trauma Secara Tepat


Story


"Impian setiap wanita adalah bisa menikah dengan orang yang ia cintai dan mencintainya.  Namun kehilangan berkali-kali orang yang kucintai secara tragis, membuatku bertanya-tanya lagi apakah aku masih berhak mendapatkan cinta dan memiliki rasa cinta? Sebut saja namaku Riri. Aku didera rasa trauma untuk kembali mencintai seseorang yang mencintaiku. Yah, sudah berkali-kali aku menjalin hubungan dengan pria, namun selalu kandas ketika akan menikah. Padahal semua pria yang menjalin hubungan denganku rata-rata serius untuk menjadikanku istrinya. Namun apa daya, ada saja kejadian yang membuat hubungan percintaanku tidak sampai ke jenjang pernikahan. 


Calon mempelai pertamaku meninggal mendadak sehari sebelum pernikahanku. Lalu setelah aku berhasil menemukan kembali jodohku, tiba-tiba saja di hari pernikahan keduaku, mempelai pria mengalami kecelakaan dan meninggal di tempat. Padahal para kerabat dan undangan serta penghulu pernikahan sudah hadir. Akhirnya pernikahan yang tadinya membuatku bahagia, harus berakhir dengan tangis yang menyesakkan dada. Lagi-lagi setelah aku berhasil bangkit, calon pengantin pria ketigaku tiba-tiba meninggal karena sakit. 


Bayangkan, begitu dekat hari pernikahan, lelaki yang menjalin hubungan denganku pasti meninggal entah karena sakit atau kecelakaan. Aku jadi bertanya-tanya, mengapa setiap pria yang mencintaiku  umurnya menjadi pendek? 


Kadang aku berpikir apa aku wanita pembawa sial? Sehingga setiap pria yang mendekatiku akan bernasib sial juga.  Trauma itu begitu membekas, membuatku sempat takut menjalin hubungan yang serius lagi hingga menginjak usia hampir kepala empat, aku belum juga menikah. Bukan karena aku tidak berusaha menjemput jodohku. Namun jodoh tetap menjadi sebuah misteri bagiku.


Puji syukur akhirnya mitos yang sempat kupercayai bertahun-tahun terpatahkan bahwa akulah penyebab meninggalnya semua calon pendampingku. Akhirnya Tuhan mendatangkan jodohku walau di usiaku yang tidak muda lagi. Ternyata bagiku dan bagi beberapa orang yang tak percaya akan takdir cinta, mitos ini mungkin saja muncul. Satu hal yang akhirnya kuyakini, kejadian ini membuatku percaya satu hal bahwa selalu ada harapan dalam cinta. Sapa dan sambutlah dengan mesra ketika cinta menyapa.  Namun jangan kecewa bila ia pergi begitu saja. Sebab tak ada yang bisa mengubah takdir cinta. Jadi, bagi yang belum menemukan jodohnya, jangan berputus asa yah."

Setiap orang pasti pernah mengalami trauma dalam hidupnya, baik ringan hingga berat. Namun setiap orang pasti berbeda-beda dalam menghadapinya.



A. Apa Itu Trauma


Sederhananya trauma itu adalah ketika kita mengalami kejadian di masa lalu entah itu yang menegangkan atau menyakitkan, tapi kita tidak dapat melupakannya dengan terus terbayang-bayang walau kejadian itu sudah selesai dan sudah tidak kita hadapi lagi. Seperti kasus Riri dalam kisah di atas yang butuh beberapa tahun untuk bisa membuka hatinya kembali untuk mencintai dan menjalin hubungan dengan lawan jenis. Minimal dalam waktu satu bulan kita belum juga bisa menghilangkannya dari pikiran kita. Akibatnya kita menjadi

1. Tidak produktif dalam hidup seperti saat sebelum kejadian misalnya yang tadinya bersemangat menghasilkan sebuah karya atau pekerjaan, menjadi kurang maksimal dan kehilangan semangat untuk menyelesaikannya.

2. Membatasi diri dengan dunia luar dengan cara menarik diri

3. Menghindari obrolan yang mengingatkan dengan kejadian dan situasi yang telah membuat kita trauma. 

4. Adanya perubahan perilaku,  kepribadian dan emosi secara mendadak dan menetap. Menjadi lebih gelisah, putus asa, dan cemas sepanjang waktu.




Biasanya trauma berhubungan dengan 

- Kehilangan

- Kecelakaan 

- Kekerasan dalam hubungan

- Situasi perang

- Bully

- Perceraian 

- Penculikan

- Perkosaan

- Luka pengasuhan 

 


Trauma sendiri bisa muncul dalam dua bentuk respon yaitu :


1. Trauma yang berhubungan dengan rasa takut misalnya kecelakaan, dibully, situasi perang, bencana alam dan penculikan


2. Trauma yang berhubungan dengan rasa cemas misalnya kehilangan orang yang dicintai, perceraian, kdrt dan perkosaan.


Lalu, apa yang membedakan antara trauma dan ketakutan biasa? Saya akan memberikan contoh. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah ditabrak oleh sepeda motor ketika ingin menyebrang ke sebuah toko buku. Padahal saya sudah berhati-hati dan selama ini tidak pernah mengalami kecelakaan di jalan raya.  Tentu saja saya shok dan takut sebab kepala saya sampai bocor dan dijahit, hingga saya sempat mengalami vertigo. Namun ketakutan saya hanya berlangsung sebentar dan beberapa hari kemudian sudah hilang alias tidak sampai menetap hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Saya mulai berani lagi bepergian dan naik motor. Berbeda bila saya masih trauma, maka reaksinya saya akan takut bepergian dan bertemu jalan raya, bahkan sampai takut naik motor sampai sekarang. Jadi kesimpulannya kita dikatakan masih mengalami trauma bila ketakutan yang kita alami berlangsung secara terus-menerus dan menetap. Kalau begitu, sudah saatnya kita meminta bantuan profesional seperti pergi ke psikolog. 


B. Tips Mengatasi Trauma


Trauma yang dibiarkan berlarut-larut dan tak segera ditangani dengan baik, akan membawa kehancuran bagi masa depan. Untuk itulah penting kita tahu bagaimana bisa keluar dan bangkit dari trauma. Langkah awal mengatasi trauma secara tepat yaitu :


1. Menerima dan mengakui trauma dengan meyakini bahwa itu semua adalah takdir dari Tuhan untuk membuat kita tumbuh lebih kuat lagi. 


Tips berikutnya bisa ditonton di youtube ini

Tips Mengatasi Trauma Secara Tepat


Kamis, 16 Desember 2021

Penerapan Hukum Terhadap Investasi Abal-Abal

 Siapa yang tak tergiur untuk diajak berinvestasi dengan keuntungan yang besar dan cepat. Iming-iming inilah yang membuat banyak orang mudah tergoda. Padahal yang terpenting sebelum berinvestasi, hendaklah kita berhati-hati terhadap investasi ilegal yg mulai marak. Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia.



Kemarin Rabu tanggal 15 Desember 2021, di Gedung City Plaza Gatot Subroto lantai 10, APLI mengadakan Talkshow yang mengangkat tema "Penerapan Hukum Atas Maraknya Investasi Trading di Indonesia."

Dalam acara ini juga hadir Tongan L Tobing Ketua Satgas Waspada Investasi. Beliau menegaskan banyak yang mengatasnamakan "Direct Selling" padahal ujung-ujung nya investasi ilegal. Banyak masyarakat yang tertipu dengan investasi ilegal ini, perusahaan-perusahan investasi ilegal yang tidak terdaftar di Perdagangan.




Ciri-Ciri Investasi Abal-Abal


Bayangkan, kita sudah menggelontorkan sejumlah dana untuk berinvestasi. Tapi endingnya bukannya untung malah buntung karena tertipu investasi ilegal. Untuk itulah kita perlu mencari tahu Investasi yang benar dan bukan abal-abal, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Berikut ciri-ciri investasi yang  ilegal.


1. Adanya iming-iming keuntungan yang tidak wajar dalam waktu singkat. Selain itu produk yang dijual juga sedikit. Ditambah lagi menerapkan sistem hasil sebagai prestasi atas rekrut anggota dengan sistem "member get member"


2. Klaim tanpa risiko (free risk)

 

3. Legalitas tidak jelas

 

4. Tidak memiliki ijin usaha


5. Mempunyai ijin kelembagaan (PT, Koperasi, CV, Yayasan dll) tetapi tidak mempunyai ijin usaha.


6. Mempunyai ijin kelembagaan dan izin usaha namun melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izinnya.

 



Penyebab Maraknya Investasi Abal-Abal

 

1. Kurangnya ilmu masyarakat tentang berinvestasi secara benar. 


2. Kurangnya edukasi dalam keluarga soal seluk-beluk investasi. 


3. Edukasi sesama masyarakat tentang investasi.


Hambatan Penanganan Investasi Ilegal


1. Belum ada laporan dari masyarakat

2. Sulit mengaudit prospect perusahaan

3. Dibungkus dalam bentuk keperdataan

4. Banyak masyarakat yang terlibat, mulai dari tokoh masyarakat hingga public figur.

5. Pelaku tidak kooperatif

6. Pelaku menyembunyikan hasil kejahatan

7. Belum ada payung hukum

 

Mencegah Maraknya Investasi Ilegal.


Bila semua masyarakat saling mendukung dan perduli, maka investasi ilegal tak akan mudah tumbuh subur, sehingga banyak yang dirugikan. Tindakan yang harus kita lakukan sebagai anggota masyarakat yaitu :


1. Bila ada yang menawarkan investasi jangan malu bertanya pada yang mengetahui

2. Segera melapor bila ada investasi ilegal

3. Jangan coba-coba untuk melakukan kegiatan investasi ilegal.





Senin, 13 Desember 2021

Membuat Anak Nyaman dan Fun ke Dokter Gigi

 


Sedari kecil perawatan gigi anak penting di perhatikan. Untuk itulah kita harus tahu cara dan waktu yang tepat dalam merawat gigi anak. Hal-hal yang harus kita ketahui yaitu :


1. Kapan sebaiknya anak mulai menyikat gigi yaitu sejak gigi pertamanya tumbuh. Jadi jangan menunggu gigi anak tumbuh lengkap dulu. 


2. Selain gigi, bersihkan juga gusi dan lidahnya.


3. Mulailah bawa anak ke Dokter Gigi Anak dan Keluarga Bogor 6 bulan setelah gigi pertamanya tumbuh. Kira-kira usia 1-1,5 thn


4. Ketika di klinik sebaiknya anak diperkenalkan dulu seputar perawatan gigi, mulai dari bagaimana menyikat gigi dan sebagainya, sampai nanti anak ada di fase bisa duduk sendiri. 


5. Penting untuk tidak menakut-nakuti anak, agar ia mau diajak ke dokter gigi. 


6. Ajarkan anak untuk peduli pada giginya yaitu dengan mencegah kebiasaan buruk anak  yang suka mengemut dan suka makanan manis. 


7.  Pilihlah klinik ramah anak, salah satunya klinik medikids cabang Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor merupakan cabang kedelapan dari MHDC dan klinik ketiga yang berkonsep wakaf.





Medikids berbeda pelayanannya dengan klinik gigi yang lain karena

- Tempatnya fun banget

- Ruang tunggunya nyaman

- Suasananya penuh dekorasi

- Didukung oleh tenaga profesional seperti tim dokter gigi umum, dokter gigi spesialis kesehatan gigi anak, dokter gigi spesialis orthodonti, prosthodonti, konservasi gigi, bedah mulut dan tersedia juga Klinik Vaksinasi Anak dan Keluarga Bogor seperti vaksin influenza. Mengingat anak butuh  vaksin yang harus dilengkapi. Dimana Anak harus sudah mendapatkan Imunisasi dasar ditambah vaksin influenza. Untuk ibu hamil yaitu vaksin tetanus. Medikids klinik sendiri harga vaksinnya terjangkau dan tidak perlu antri.



Oh ya, Medikids bukan hanya untuk anak-anak tapi juga bisa untuk dewasa. Walau suasananya dibikin biar anak-anak merasa betah dan berkesan menarik untuk anak. Konsepnya sendiri berupa klinik wakaf tapi bentuknya berbeda. Harapannya dari klinik ini dari setiap net profitnya disalurkan dalam bentuk wakaf. Hasil dari sebagain wakaf sudah ada yang disalurkan salah satunya berupa beasiswa untuk mahasiswa kedokteran gigi dan ekonomi. Juga berupa program lain yaitu gerakan pesantren dan sebagainya. Jadi secara tidak langsung pasien yang datang memeriksakan gigi dan berobat ke Medikids Clinic Wakaf Bogor, ikut berpartisipasi dalam program wakaf ini. Karena sebagian penghasilan dari Medikids Clinic Wakaf Bogor dijadikan wakaf produktif yang dibantu pengelolaannya melalui Yayasan Wakaf Produktif Pengelolaan Aset Islamic Indonesia.


Kesimpulannya sangat penting lebih dulu mengontrol kesehatan gigi anak di rumah, selain membawa anak rajin kontrol ke dokter gigi. Yuk kita percaya diri bawa anak ke dokter gigi dan tidak lupa selalu mengontrol kesehatan gigi anak di rumah. Sebagai orang tua, kita harus semangat mengajak anak sikat gigi dan pilih klinik ramah anak seperti medikids. Berikut video kunjungan saya




Jumat, 03 Desember 2021

Ijinkan Aku Menikah Lagi

 


Kalimat apa yang paling ditakuti semua isteri di dunia ini? Yah, kalimat ijinkan aku menikah lagi wahai isteriku. Kalimat inilah yang bila diucapkan oleh para suami, akan sangat ditakuti para isteri. Tapi tidak untuk seseorang, sebab kalimat itulah yang selalu ia rindu keluar dari mulut suaminya. Berikut penuturannya,

Sudah bertahun-tahun aku menantikan ucapan sayang, ijinkan aku menikah lagi keluar dari mulut Mas Bagas suamiku. Mungkin kalian akan bertanya kok mau sih? Apa tidak sakit hati dan sudah benar-benar ikhlas bila ucapan itu sampai keluar dari mulut suamimu? Orang yang paling kamu cintai sepenuh hati. Orang yang sudah bertahun tahun menjadi milikmu. Tapi kini mau kau lepaskan begitu saja menjadi milik orang lain? Atau jangan-jangan kamu sudah tidak mencintai suamimu, karena telah jatuh cinta pada pria lain?

Tentu aku sangat mencintai suamiku mulai dari awal menikah hingga sekarang. Bahkan kadar cintaku tidak berkurang sedikitpun, tapi malah bertambah. Mas Bagas juga demikian, semakin mencintai dan menyayangiku di usia pernikahan kami yang ke 20 tahun. Pokoknya kali ini aku harus bisa mendesak Mas Bagas agar mau menikah lagi. Dengan begitu, rumah tangga kami semakin semarak dan penuh warna. 

"Mas, kamu udah jalan pulang? Udah sampai dimana? Soalnya ada yang ingin aku bicarakan. Penting!" ucapku di telp.

"Sudah Sayang, ini lagi dalam perjalanan menuju istana kita. Memangnya ada berita penting apa? Mas jadi penasaran. "

"Nanti kalau Mas udah sampe aja baru aku bicarakan secara jelas, ya."

"Oke, siap," jawab Mas Bagas sebelum menutup teleponnya.

Aku gelisah menunggu Mas Bagas pulang. Rasanya sudah tak sabar untuk memberi sebuah kabar baik bagi pernikahan kami. Aku yakin kali ini dia tak akan menolak permintaanku lagi, untuk menikah dengan calon pilihanku. Apalagi calon pilihanku ini adalah orang yang sudah sama-sama kami kenal. Calonku ini juga sudah setuju dan menerima tawaranku dengan hati yang gembira. Setelah hampir satu jam menunggu Mas Bagas, akhirnya terdengarlah suara mobilnya di garasi rumah. Kusambut Mas Bagas di depan pintu sambil menggandeng tangannya mesra. Lalu mengajaknya duduk di ruang tamu.

"Sayang, kamu tahu aku sudah menunggu moment ini sudah lama. Aku harap kamu tidak menolaknya lagi, " ucapku sambil menatap Mas Bagas memohon.

"Moment apa Sayang? Mas tidak mengerti sebelum kamu jelaskan," jawab Mas Bagas sambil mengecup keningku mesra. 

Akhirnya kuceritakanlah semuanya secara jelas dan panjang lebar. Mas Bagas hanya terdiam, tak langsung menjawab seperti biasanya. 

"Apa kamu sudah benar-benar yakin dengan keputusanmu, Sayang? Mas tidak ingin menyakiti hatimu dengan menikahi wanita yang lain. "

"Tentu saja tidak Mas, aku malah sakit hati dan sedih bila Mas Bagas tidak memenuhi permohonanku ini. Please! Tolong penuhi impian dan harapanku ini Mas, pintaku terus meyakinkan Mas Bagas.

"Baiklah Sayang, kalau keputusan ini bisa membahagiakanmu. Mas akan berusaha walau sangatlah berat. Kamu kan tahu Sayang, hanya kaulah satu-satunya wanita yang Mas cintai sampai mati. Tidak mungkin suamimu ini bisa mencintai wanita lain lagi selain dirimu,"ucap Mas Bagas sambil memelukku erat.

"Aku sangat yakin akan cintamu Mas, untuk itulah aku percaya padamu bahwa kau akan selalu membahagiakanku. Salah satunya dengan menikah lagi," jawabku lega. Rasanya aku ingin bersorak girang saking bahaginya. 

Akhirnya Mas Bagas mengabulkan keinginanku yang sudah beberapa tahun ini kupendam. Tentu saja dengan menyetujui sebuah syarat yang diajukan oleh Mas Bagas. Aku sudah tidak perduli dengan syarat apapun! Yang terpenting kalimat ijinkan aku menikah lagi dari bibir maskulin Mas Bagas, akan segera kudengar dan kabulkan.

Yah, aku memutuskan rela di madu agar suamiku bisa memiliki anak dengan istri keduanya. Sudah bertahun-tahun kami menikah, tapi tak jua dikarunia buah hati. Dengan menikah lagi, aku berharap suamiku bisa memberikan anak untukku meski dengan menikahi wanita lain. 

Puji syukur Tuhan mengabulkan doaku karena istri kedua suamiku bisa melahirkan. Sesuai kesepakatan, anak pertama mereka diberikan untukku karena aku sudah begitu rindu menimang bayi mungil dipangkuanku. Toh, istri kedua suamiku bisa melahirkan lagi karena dia wanita yang subur. Kini kami hidup berbahagia karena suamiku tetap menyayangiku tanpa melupakan istri keduanya. Mas Bagas benar-benar bisa membagi kasih sayang pada kami istrinya tanpa ada yang tersakiti.


Dari kisah nyata


Minggu, 21 November 2021

Makna Pulang Dalam Film Losmen

Saya paling suka serial drama keluarga di jaman dulu sekitar tahun 80-an. Seperti cerita losmen, rumah masa depan, keluarga cemara, jendela rumah kita. Sayang, sekarang sudah tidak ada lagi serial drama keluarga yang bagus seperti yang saya sebutkan, kecuali cerita si doel anak sekolahan. Kenapa ya? Makanya begitu tahu serial losmen ada versi filmnya, saya pun mengajak pak suami untuk nonton di bioskop terdekat.
Ig @LosmenBuBroto Akhirnya setelah sekian purnama bisa nonton bioskop lagi. Sekalian ingin bernostalgia sama serial losmen yang dulu tayang di tvri.Ternyata versi filmnya lebih keren dan menyentuh baik dari segi settingnya di Yogyakarta yang khas Jawanya sangat kental terasa yaitu mulai dari keramahan setiap karakter tokoh dalam cerita juga para pemainnya. Satu lagi konflik ceritanya yang endingnya berhasil membuat haru. Ditambah lagi sountrak lagunya berjudul pulang yang dinyanyikan oleh Maudy Ayunda sekaligus pemeran Sri dalam cerita ini. Hal ini mengingatkan kita akan kehangatan sebuah keluarga dari kekompakan dan kasih sayang sesama anggota keluarga Bu Broto di film #losmenbubroto ini. "Pagi sampai malam ku bernyanyi hanya untuk mencari perhatianmu huuu aku pergi , kembali lagi mata hati selalu tertuju padamu kamulah rumahku pulang - lirik Pulang soundtrack film Losmen Bu Broto - Pesan film juga feelnya dapat banget yaitu mengingatkan kita apapun konflik yang terjadi dengan keluarga, kita tetap merindukan pulang dan akan selalu dirindukan keluarga untuk pulang. Sebab dalam keluargalah kita merasakan kenyamanan dan penerimaan yang sesungguhnya. Nonton film ini saya juga tahu ternyata nama asli Bu Broto adalah Deborah.
Ig @LosmenBuBroto Rasanya tidak rugi bila menonton mengajak keluarga . Apalagi para pemainnya juga sudah tak diragukan lagi aktingnya seperti Mathias Muchus yang berperan sebagai Pak Broto yang penyabar dan bijaksana, Maudy Koesnaedi sebagai Bu Broto yang tegas, penuh disiplin dan perfeksionis, serta Maudy Ayunda sebagai Sri yang diam-diam menjalin cinta dengan Tarjo, dimana akhirnya kisah cinta yang ditentang keras oleh Bu Broto ini membuat gempar keluarga. Lalu ada Putri Marino sebagai Mbak Pur yang menjadi sensitif dan mudah marah sejak ditinggal oleh kekasihnya karena kecelakaan. Baskara Mahendra sebagaiTarjo agak kurang menonjol perannya di film ini. Ada juga pemain Danila Riyadi, Kill The Dj dan Marthino Lio.
Setiap film selain memiliki kelebihan pasti ada kekurangannya. Di film ini kekurangannya Sosok Deborah alias Bu Broto yang dulunya tidak disetujui menikah dengan Pak Broto kurang dieksplor. Ditambah kepergian Sri kurang di dramatisir. Namun film ini jelas lebih banyak kebaikan dan kelebihannya dari segi alur yang lebih fresh dan pesan cerita yang menyentuh hati. Berikut trailer filmnya

Senin, 04 Oktober 2021

Pesan Cerita dari Film Squid Game

Drama korea ini lagi viral-viralnya di media sosial, sehingga saya jadi ikut penasaran untuk menontonnya. Squid game sendiri adalah   permainan anak-anak di Korea Selatan yang bernama permainan cumi-cumi. Dimana permainan ini dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing bertugas untuk menyerang dan bertahan. Kalau di Indonesia mirip dengan permainan sewaktu kecil bernama gobak sodor.



Setelah selesai nonton ampe seri terakhir, saya merasa takjub dengan ide cerita film ini, walau mengandung kekerasan dan ada adegan vulgarnya. Memang sebaiknya anak- anak tidak baik nonton film ini karena cocok untuk dewasa. Bagi remaja sebaiknya butuh pendampingan orangtua bila mau menontonnya. 


Namun sisi baiknya, film ini banyak memberikan makna hidup dan pesan inspiratif di dalamnya. Ceritanya sendiri tentang orang-orang yang terlilit hutang dan mengalami kesulitan ekonomi, hingga nekat ikut dalam permainan Squid Game, dimana taruhannya nyawa bila tereleminasi. 


Para pemain squid game


Ada 6 permainan yang harus diikuti sampai selesai demi mendapat hadiah uang yang lumayan besar. 


1. Permainan Lampu hijau dan lampu merah. Aturannya ketika diucapkan lampu hijau, maka para pemainnya harus berlari. Tapi ketika disebutkan lampu merah, maka pemain harus berhenti. Bergerak sedikit saja langsung di tembak mati. Pesannya jelas bahwa dalam hidup ini ketika saat bergerak yah bergerak (lampu hijau), dan saatnya berhenti yah harus berhenti (lampu merah). Kata lain jika lelah berjuang dan bekerja maka beristirahatlah. Memang hidup mau mengejar apa sih? Ampe ngoyo banget.


2. Permainan Gulali dimana para peserta di suruh memilih salah satu dari empat lambang yaitu bundar, segitiga, bintang dan payung. Lalu para peserta diberi gulali yang bergambar lambang sesuai pilihannya. Setelah itu diberi waktu untuk melepaskan lambang dari cetakan secara sempurna tanpa cacat sedikitpun. Bagi yang gagal sesuai perintah dan waktu yang ditentukan, lagi-lagi di tembak di tempat. Pesan yang terkandung bahwa setiap hidup adalah pilihan yang ada konsekwensinya.


3. Permainan Tarik Tambang, aturannya bagi tim yang kalah saat tarik menarik, maka akan langsung jatuh dan mati di dalam lubang yang berada di tengah-tengah. Pesannya bahwa tak selamanya mengandalkan kekuatan fisik bisa menang, tapi perlu strategi jitu dan tepat. Terbukti tim yang kurang kuat menang dalam cerita ini, karena tips jitu dari salah satu pemainnya.


4. Permainan Kelereng yaitu para pemain di suruh mencari pasangan. Lalu masing-masing diberi 10 buah kelereng. Aturan mainnya salah satu harus bisa mengalahkan lawannnya dengan mengambil kelerengnya lewat permainan, hingga dia berhasil mengumpulkan 20 kelereng. Pesan ceritanya betapa pentingnya berbagi (gganbu) dan kalaupun bersaing untuk lebih unggul, hendaklah secara sehat dan jujur alias tidak curang dan tanpa kekerasan.


5. Permainan menyebrang jembatan dimana para pemain di suruh mengambil nomor antrean untuk menyebrangi jembatan kaca. Tapi celakanya bila tidak hati-hati dan jeli, maka akan memijak kaca yang rapuh hingga mati dan terjatuh. Pesan sesungguhnya mati tidak menunggu nomor urutan atau usia kita. Kalau sudah ajalnya mau masih muda, bahkan anak-anak pun bisa meninggal duluan karena sudah takdir dari Tuhan.


6. Permainan Squid game yaitu akhir permainan untuk menentukan siapa yang beruntung membawa hadiah uang. Disini pesertanya tinggal 2 orang. Satu sebagai penyerang dan satunya sebagai orang yang bertahan atau si penghadang agar si penyerang tidak berhasil sampai ke gambar cumi-cumi. Bagi yang tidak mampu bertahan alias kalah akan ditembak mati seperti aturan permainannya. Sehingga menghasilkan satu pemenang utama yang akan membawa pulang hadiah uang puluhan miliar won. 


Sumber suara.com


Ckckckck, permainan yang benar-benar menguji keberanian dan nyali karena bagi yang kalah, nyawalah taruhannya. Pesan cerita yang saya tangkap bahwa untuk sukses perlu adanya kerja keras dan keberuntungan. 


Kesimpulan besar cerita ini yaitu jangan mudah berhutang dan serakah soal harta yang tidak akan di bawa mati. Ujung-ujungnya akan susah sendiri berujung penderitaan. Jadi ingat cerita seorang teman yang di teror dan diancam mau dibunuh gara-gara pinjaman online.

Sabtu, 24 Juli 2021

Serunya Liburan Bersama Paddle Pop

 Para bunda pasti senang melihat anaknya bisa tumbuh sehat dan bisa bermain dengan gembira. Yup! Bermain bagi anak adalah sebuah kebutuhan. Sebab lewat bermain anak bisa bebas berekspresi. Manfaat bermain juga sangat baik untuk anak yaitu bisa memancing kreativitas anak dan melatih bekerjasama. 




Namun tantangan bagi orangtua di jaman milenial ini adalah gadget yang bisa membuat kecanduan pada anak bila tak dibatasi. Akibatnya anak kurang aktif secara motorik dan fisik. Padahal bermain di luar ruangan bersama teman juga penting. Selain membuat anak banyak bergerak, juga belajar bersosialisasi dan toleransi dengan teman sebayanya. Apalagi bagi anak usia dini yang tugasnya adalah bermain. Dimana bermain dengan menggunakan permainan yang tepat, banyak fungsinya bagi anak diantaranya:


1. Meningkatkan ketrampilan bahasa dan berkomunikasi.


2. Meningkatkan ketrampilan sosial-emosional 


3. Meningkatkan ketrampilan kognitif


4. Meningkatkan ketrampilan fisik dan motorik.


 Bersama bunda Enno Lerian dan Abby

Faktanya di masa kini, masih saja ada orangtua yang menganggap masa depan dan pendidikan anak sebagai sesuatu yang sangat penting diraih sehingga mereka menginginkan anak untuk selalu belajar dan mengurangi waktu bermain. Bandingkan dengan beberapa tahun silam. "Di tahun 1950-an, anak-anak bebas bermain. Jika anak-anak hanya tinggal di rumah, sang ibu akan mengatakan 'pergilah keluar dan bermain', karena tempat alami untuk anak-anak adalah berada di luar," kata Peter Gray, profesor penelitian psikologi di Boston College seperti dikutip dari Healthday.

Padahal kurang bermain dapat memberikan dampak serius pada kesehatan mental anak. Dikutip dari Brightside.me, berikut sejumlah pengaruh buruk kurang bermain pada anak yaitu : 


1. Kurang bermain memperlambat perkembangan anak. 


2. Kurang bermain menyebabkan kurangnya kontrol emosi anak.


3. Kurang bermain mengurangi kemampuan anak membuat keputusan dan mudah dipengaruhi oleh orang lain.


Nah, dimasa pandemi yang mengharuskan anak hanya di rumah saja, tentu membuat anak jadi bosan karena tidak bisa bermain di luar rumah bersama teman sebayanya. Apalagi anak yang cenderung aktif seperti Alisha anak saya. Jadilah anak lebih banyak bermain gadget untuk mengusir kejenuhan. Anak memang jadi lebih anteng, tapi orangtua yang akhirnya uring-uringan, termasuk saya. 





Ketika Paddle Pop mengadakan liburan secara virtual ke Planet Mochi, saya pun langsung mendaftar. Kegiatan dibuka dengan bernyanyi bersama. Kemudian kita diajak ke Planet Saturnus secara virtual. Ternyata asyik sekali bisa mengajak anak menjelajahi Planet Saturnus sambil bermain. Dimana anak belajar secara happing fun dalam memperkenalkan Fakta Planet Saturnus yaitu 


1. Ukuran planetnya besar, tapi ternyata beratnya ringan.


2. Ternyata bentuk cincinnya terbuat dari bongkahan es.


3. Memiliki 62 Satelit dan yg paling besar itu namanya Titan


4.. Saturnus mengelilingi matahari butuh 29 tahun. Wow! Lama juga yah. 


6. Rotasi Planet Saturnus hanya 10 jam dibandingkan dengan bumi yang 24 jam


Tak hanya itu, selain berpetualang, anak-anak dimintai menggambar dan mewarnai sambil diberi penjelasan. Kemudian yang paling seru adalah tutorial membuat permainan tv kardus. Ternyata mudah sekali cara membuatnya dimana bahan-bahannya terdiri dari kardus bekas dan gambar-gambar planet yang sudah diwarnai. Setelah itu anak-anak diajak menghias es krim Paddle Pop. Acara pun kemudian ditutup dengan bernyanyi lagi bersama-sama. Saking serunya, tak terasa liburan virtualnya selesai. Anak-anak dan ibu pun sama-sama senang. Horeee!