Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Selasa, 17 Juli 2018

MPASI Istimewa Untuk Si Buah Hati



Sesuai anjuran World Health Organization (WHO) dan American Academic of Pediatric (AAP), begitu anak memasuki usia 6 bulan, saatnya mulai dikenalkan dengan makanan pendamping asi atau MPASI. Makanan pendamping dibutuhkan anak sebab ASI saja sudah tidak mencukupi.

Beberapa alasan mengapa MPASI diberikan mulai 6 bulan :

* Bayi sudah mengalami kematangan saluran cerna pada usia 4-6 bulan
* Refleks menjulurkan lidah sudah mulai menghilang pada bayi berusia 4-6 bulan
* Mulai adanya kematangan mekanisme menelan pada bayi
* Bayi sudah memiliki kemampuan untuk duduk
* Dan yang terutama, gigi bayi sudah mulai muncul

Tentu saja pemberian MPASI perlu dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dengan makanan cair terlebih dahulu, sampai bisa diberi makanan keluarga.

Perlu kita ketahui, MPASI yang baik itu hendaklah memiliki kriteria sebagai berikut :

* Kaya akan kalori, protein, dan mikronutrien (terutama zat besi, zink, kalsium, vitamin A, vitamin C dan asam folat)

* Bersih dan aman

* Bebas pathogen, zat kimia,, atau toksin.

* Bebas tulang atau biji keras yang dapat membuat bayi tersedak

* Tidak diberikan dalam keadaan panas

* TIdak pedas atau asin

* Mudah ditelan dan disukai oleh bayi

* Mudah didapat, disiapkan, dan terjangkau

Itulah mengapa  orang tua kita dulu memilih memberikan buah pisang sebagai makanan pendamping. Sebab hampir semua kriteria gizi yang dibutuhkan anak terkandung di dalamnya, selain lebih mudah didapat dan praktis dalam penyajiannya. Bahkan sebelum usia 6 bulan bila anak sudah menunjukkan minat untuk makan selain susu. Ternyata bukan tanpa alasan orang tua kita dari dulu lebih suka memberikan buah pisang, entah dengan cara dikerok atau dilumatkan. Ternyata pisang adalah buah yang sangat istimewa! karena memiliki segudang manfaat dan energi yang tinggi. 

Berikut Manfaat Buah Pisang 

Satu

 Anak sehat tentu identik dengan anak yang selalu bergerak dan tidak bisa diam. Sehingga anak membutuhkan makanan yang memiliki sumber energi tinggi . Kita tahu, buah pisang dikenal dengan buah yang sumber energinya tinggi dan sangat mudah di dapat. Tentu sangat cocok bagi anak-anak yang terkenal aktif bergerak. Setelah mengkonsumsi pisang, energi anak yang telah terpakai dapat segera tergantikan dengan buah istimewa ini. 

Dua 

 Begitu anak mulai mencoba makanan padat, maka fesesnya tentu lebih keras. Apalagi bila ditambah dengan susu formula. Untuk itulah anak memerlukan makanan yang mengandung serat. Sebaiknya pilihlah serat yang baik dan tepat, salah satunya serat yang terdapat dalam buah pisang yang sangat baik untuk pencernaan anak, karena dapat larut dalam air. Serat yang disebut pectin ini dapat mengubah karbohidrat menjadi gula dan meningkatkan gerakan usus. Selain itu dapat mencegah masalah gastrointestinal, sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan pada anak. 

Tiga

 Usia 6 bulan hingga 5 tahun adalah usia emas karena pesatnya perkembangan otak pada anak di rentang usia ini. Nah, kandungan pisang yang kaya akan potasium, dapat membantu peredaran darah dan merangsang kinerja otak. Selain itu pisang sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi anak. 

Empat

Pisang tak hanya mengandung Vitamin B12, tapi juga zat besi, asam folat dan tembaga. Dimana beberapa zat ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga anak terhindar dari anemia atau kurang darah. 

Lima 

Istimewanya lagi, buah pisang dikenal sebagai buah yang mampu memperbaiki mood, sebab kandungan senyawa triptofan dapat merangsang suasana hati menjadi lebih baik. Tidak salah bila para penderita depresi sangat dianjurkan memakan buah ini setiap harinya. 

 Enam 

Umumnya di usia mulai 6 bulan, anak rentan terkena diare karena virus. Selain karena lingkungan yang kurang bersih, anak di usia ini sudah mulai memasukkan tanganya ke mulut, juga makanan dan benda yang ia dapat. Dimana kebersihannya kurang terjaga hingga rentan mengundang bakteri dan virus yang masuk ke mulut. Namun Bunda tak perlu panik, bila anak sudah terlanjur terkena diare. Sebab buah pisang juga membantu memadatkan feses dan menghindarkan anak dari kehilangan cairan saat mengalami diare. 


Tujuh 

Setiap anak pasti mengalami alergi pada makanan tertentu, akibat intoleransi dan sulit mencerna kandungan asam amino yang terdapat dalam makanan. Namun pisang bebas dari resiko terjadinya alergi, karena kandungan asam amino dalam buah pisang merupakan asam amino yang mudah dicerna. Jadi sebagai ibu, kita tidak perlu takut lagi dan bebas dari rasa khawatir. 

Dan kini ada yang lebih praktis lagi dalam mengkonsumsi buah pisang nan istimewa ini. Dimana produk pisang dibuat dalam bentuk cemilan. Selain lembut untuk anak, kemasannya juga kecil dan ringan sehingga mudah digenggam dan dicerna anak. Rasanya juga enak dan tidak terlalu manis. Bahkan anak saya Alisha 10 thn pun suka. Begitu saya pesan dari bukalapak dan nyampe, langsung habis dimakan Alisha tanpa menunggu lama. :) 


Bagi Bunda yang sibuk atau tidak sempat, mungkin cemilan pisang Puff Banana bisa jadi alternatif. Selain itu bisa sebagai variasi bagi anak agar tidak bosan dengan rasa dan tekstur pisang yang itu-itu saja.





Referensi:

 - Buku ‘Makan Dong Sayang’ oleh Irhayati harun by penerbit BIP
-  https://dokteranak.org/manfaat-pisang-untuk-bayi 
- https://hamil.co.id/bayi/makanan-bayi/manfaat-pisang-untuk-bayi

4 komentar:

  1. Pas banget nih. Bayi saya juga suka banget pisang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya juga suka banget mbak ama pisang😊

      Hapus
  2. Anakku juga doyan banget cemilan model begini. Mungkin karena bentuknya yang lucu jadinya suka

    BalasHapus