Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Sabtu, 22 Desember 2018

Hero - Supermarket Legendaris Indonesia


Saya masih ingat sewaktu kecil dulu, Abang selalu mengajak saya ke Hero bila ingin beli susu. Maklum, waktu kecil dulu saya susah makan tapi doyan minum susu. Jadilah untuk menambah energi suka dibeliin susu. Pokoknya kalau ingin belanja pasti Abang atau Kakak saya selalu mengajaknya ke Hero.

            “Yuk dik! Kita ke Hero,”

Rasanya senang banget kalau sudah diajak ke Supermarket Hero yang sudah ada sejak sebelum saya lahir. 



Menilik Sejenak Sejarah Hero

Perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang memiliki banyak cabang ini, didirikan tanggal 23 Agustus 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di Jalan Falatehan dan memiliki berbagai format sebagai berikut:
  • Hero (supermarket)
  • Giant (hypermarket & supermarket)
  • Guardian (toko obat)
  • Starmart (mini-market)
  • IKEA (pusat perabotan)
  •  
Almarhum Kurnia memang sedari kecil adalah sosok yang gigih dan tidak suka membuang-buang waktu.  Bersama teman-temannya Kurnia bekerja untuk mengumpulkan uang dengan menjual makanan. Kegigihannya menghasilkan dukungan dari orang tuanya dan saudaranya. Sampai 1954, Kurnia dengan kakaknya laki-lakinya, Wu Guo Chang, mencoba untuk melakukan bisnis dengan serius. Bersama, mereka mendirikan CV (Commanditaire Vennootschap) perusahaan dengan nama CV. Hero.


Pada tahun 70-an, kebanyakan supermarket tutup pada hari Minggu dan liburan. Kurnia melihat situasi ini sebagai kesempatan. Pada hari-hari tersebut, dia membuka Hero dan mendapat respons yang besar dari pelanggannya. Ini membuat Hero sebagai pelopor dalam mempunyai jam belanja alternatif di Indonesia! Hingga Di tahun 80-an, pada saat ekonomi Indonesia menjadi lebih stabil, populasi kelas menengah ke atas meningkat. Mereka berpenghasilan dua kali lipat dan hidup mapan. Ini mempunyai efek ke meningkatnya kebutuhan akan komoditi di supermarket. Situasi ini pastinya menguntungkan kepada perkembangan Hero. Tak heran kalau saya katakan Hero satu-satunya Supermarket legendaris yang ada di Indonesia, karena menemani bangsa ini dari masa-ke masa lewat kebutuhan hidup yang selalu di butuhkan.


Untuk itulah ketika sekarang bermunculan Supermarket baru, saya kok rindu dengan Hero, karena mengingatkan akan indahnya kenangan masa kecil bersama keluarga. Setelah saya tahu Hero membuka cabangnya yang ke -32 di Lagoon Venue Bekasi Barat di area seluas 1000 m2 di Mall Bekasi Barat, saya girang sekali. Siap memanjakan pelanggan dengan menawarkan lebih dari 10 rb jenis produk berkualitas untuk kenyamanan belanja. Kebetulan saya datang pas Grand Opening Hero Supermarket. Begitu saya masuk ke dalam Hero, ternyata penampilannya kini lebih fresh, modern namun tetap bernuansa khas tradisional. Sesuailah dengan ciri Indonesia meskipun memasok produk import, tapi tak menolak produk UKM. Sebagaimana ungkapan Roy Soeradji, Direktur Operasional Hero Supermarket pada acara Grand Opening Hero Lagoon Avenue.


“Dengan menyediakanproduk-produk berkualitas yang mendukung healthy lifestyle, kami ingin memberikan inspirasi bagi para pelanggan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya di Hero Supermarket. Dengan ragam produk yang kami jual, para pelanggan dapat berinovasi dan berkreasi dalam memenuhi healthy lifestyle sehingga menciptakan kehidupan yang lebih baik.”

Dalam rangka Grand Opening, Hero Lagoon Avenue juga memberikan berbagai penawaran promosi mulai dari produk aneka sayur, buah, ikan dan daging. Juga produk bakery, makanan dan kebutuhan sehari hari. Bahkan promosi belanja berhadiah shopping voucher. Seabrek deh promonya, jadi gemes selaku emak emak yg senang berburu belanja murah. 



Acara juga dimeriahkan dengan games menarik serta shopping chalenge. Dimana kita di suruh belanja dengan modal uang 50 rb, tapi harus bisa membeli barang fresh, food dan non-food dengan nominal mendekati atau pas 50 rb. Dua pemenang yang terpilih akan mendapatkan voucher belanja 500 rb wow! Hero Supermarket benar-benar membuat happy para ibu-ibu saat acara berlangsung. Alhamdulillah saya berhasil sebagai salah satu yang terpilih mendapatkan voucher belanja dengan jumlah yang lumayan. Jadi tambah semangat belanja-belinji dan pas pula dengan tanggal tua hahahaha....



Memang rejeki tidak kemana sebagaimana Hero yang akan tetap bertahan mengais rejeki di tengah persaingan banyaknya supermarket baru yang bermunculan.  Apalagi dengan produk-produknya yang selalu fresh dan bermutu. Pasti mampu bersaing dengan perusahaan ritel lainnya. 


  
Referensi tambahan :



18 komentar:

  1. Ah jadi ingat dulu sering bolak-balik belanja di sini. Suasananya nyaman, barangnya bagus, pelayanannya ramah dan sangat membantu. Juara deh

    BalasHapus
  2. Hero banged dahhhhh..... sukkkaaak kalau ada harga promosi gini bawaannya pengen borong yaah

    BalasHapus
  3. Asik buka di Bekasi, jadi bisa beli bakery nya Hero dong yang terkenal enak bgt

    BalasHapus
  4. ya ampun mba, ini mengingatkanku jaman kecil dulu, waktu pertama kali ada mall yang baru dibangun di kota kami, Hero ini salah satu supermarket yang ada di dalamnya juga, dulu buat kami dan kebanyakan warga sebuah kemewahan dan kebanggan kalo bisa jalan jalan di HERO, nama HErO lebih dikenal daripada nama mallnya waktu itu..hihih..skrg udah byk supermarket dan mall besar.

    BalasHapus
  5. Hero ini memang legendaris banget. Dari jaman saya SD udah ada dan masih eksis sampai puluhan tahun kedepan. Keren yaa

    BalasHapus
  6. Banyak yang ngga tau juga kalau ternyata Hero masih eksis. Hero Lagoon deket sama rumahku, jadi asik nih klo mau belanja deket dari rumah

    BalasHapus
  7. Kirain aku tuh Hero Supermarket sudah ga ada lho. Karena seiring berjalannya waktu makin banyak minimarket yang berdiri. Kini pas tahu Grand Opening Lagoon Avenue Bekasi rupanya ada Hero Supermarket. Dan ternyata salah satu bisnis dengan Giant ya.

    BalasHapus
  8. Jadi keinget kenangan masa kecil soal HERO tuh, suka beli roti prancis yang gede dan super keras itu haha.

    BalasHapus
  9. Aq sukaa rotinya fresh from the oven..suka kalap kalau sudah belanja ke Hero abis seger2 sh barangnya

    BalasHapus
  10. Seneng banget belanja di hero, sayuran dan buah2nya suegerr2 banget..bikin happy belanja di hero

    BalasHapus
  11. Sayangnya dekwt rmh saya blm ada supermarket HERO...

    BalasHapus
  12. Waaaa asyik banget menang shopping challenge mba. Dapet voucher buat brlanja bulanan dari Hero

    BalasHapus
  13. Seru banget pas shopping challenge ya

    BalasHapus