Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member Of MBC

Jumat, 15 Februari 2019

Lestarikan Hutan Demi Kehidupan Di Masa Depan



Sebagai manusia yang telah bertahun-tahun menempati bumi ini, pernah gak terpikirkan oleh kita untuk peduli menjaga lingkungan bumi dengan serius? Tentu jawaban itu berpulang pada diri kita masing-masing. Padahal sumbangan sekecil apapun itu dalam rangka menjaga dan memelihara lingkungan bumi, akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup kita kelak. Minimal dengan menjaga lingkungan sekitar rumah kita masing-masing. Cara lainnya lewat kepedulian kita terhadap kelestarian hutan. 




Lihat saja, belakangan ini sering terjadi bencana alam, akibat melakukan perambahan hutan secara liar dan besar-besaran yang berdampak pada gundulnya hutan. Padahal jika hutan tak ditanami lagi setelah ditebang, maka hutan yang gundul tadi saat terkena terik matahari, tanahnya menjadi rapuh dan berongga. Begitu hujan besar datang, maka terjadilah pengikisan tanah (erosi). 

Akibatnya sejumlah tanah terbawa aliran air yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Bahkan penambangan untuk mencari bahan tambang itu sendiri, tanpa diikuti dengan memperbaiki lingkungan sisa penambangan sesudahnya. Untuk itulah manusia harus bertindak untuk menyelamatkan bumi, rumah manusia satu-satunya. Tidak ada kata terlambat. 

Kembali pada soal hutan. Mungkin dulu yang terbayang dalam pikiranmu, bila di tanya soal hutan, sama seperti saya bahwa hutan hanyalah  tempat yang sejuk dan banyak pohonnya. Tentu saja benar, karena saya sendiri sering menepi dan mencari inspirasi ke hutan mini Kebun Raya Bogor. Kebetulan tidak jauh dari rumah karena saya tinggal di sekitar Bogor.



 Hal pertama yang saya lihat begitu memasuki hutan mini di kota hujan ini  adalah jejeran pepohonan rindang nan hijau berusia ratusan tahun. Lalu merasakan segarnya udara dari pepohonan yang mengeluarkan banyak oksigen, zat yang sangat diperlukan untuk kesehatan paru-paru kita. Selain itu berada di dekat pepohonan, akan membuat pikiran kita tiba-tiba menjadi tenang dan damai, kala memandang sekumpulan warna hijau surga tersebut. Serasa benar-benar berada di surga!  


                                                    Hutan Mini Bogor


Sejatinya hutan bukan hanya sebagai penyedia oksigen bagi paru-paru kita dan dunia, tapi lebih hebat dari itu manfaatnya yaitu bisa bernilai ekonomi dan sebagai investasi. 



Perlu kita ketahui
“Air dan udara berperan dalam menyelamatkan bumi yang sedang sekarat. Pemanasan Global dipengaruhi oleh kegiatan manusia, diantaranya adalah tambang dan pabrik batu bara, gas emisi dari transportasi, produksi minyak, proses industri, pembakaran tanaman, kebakaran hutan, industri pertanian dan tempat pembuangan sampah.”

Adalah the Climate Reality Project Indonesia , bagian dari The Climate Reality Project yang berbasis di amerika serikat dan dipimpin oleh Mantan wakil Presiden Al Gore, memiliki lebih dari 300 relawan, yang disebut climate reality leader di Indonesia yang berasal dari berbagai latarbelakang dan termasuk para pemimpin bisnis, professional, pendidik, atlet, musisi, ilmuwan, actor, pelajar, dan pemuka agama. Organisasi nirlaba ini aktif melakukan sosialisasi perubahan iklim dan mendorong masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi.



 Mini Exhibition yang memamerkan Produk Hutan Non Kayu, Bumbu Dapur Javara dan produk yang berasal dari limbah kayu, hasil dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Berikut salah satu produk hasil hutan yang bukan kayu. Sebuah karpet produksi kriya dari Rumah Rakuji yang dibuat dari serat bambu. Adapun bambu yang dipilih yaitu bambu apus dan bambu tali. Melalui proses penguraian mekanis dan perebusan, sehingga benang yang dihasilkan diklasifikasikan sebagai linen. Proses pembuatan karpetnya sendiri melalui tahap mengubah bilah menjadi buluh. Lalu buluh menjadi serat, kemudian serat menjadi benang, dan terakhir baru benang dianyam menjadi karpet.


YDS memandang perlunya dilakukan peningkatan kemampuan para Blogger terutama dalam hal kebijakan pengelolaan hutan lestari di Indonesia dan pentingnya hal tersebut di dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dan mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Sebagai penulis dan Blogger, saya ingin ikut berpartisipasi aktif dalam kampanye pentingnya pengelolaan hutan lestari di Indonesia. Diantaranya melalui tulisan, karena saya juga pernah bergabung di komunitas Laskar Pena Hijau, yg mencoba mengajak semua orang peduli dengan lingkungan lewat pena.




 dan pengenalan akan makanan dan produk ekonomi kreatif berbasis hutan. Sebab kemitraan antara pemerintah, pelaku bisnis, LSM, dan masyarakat sangat penting untuk mencegah laju kerusakan hutan dan meningkatkan penanaman kembali di kawasan yang sudah rusak


Sebagaimana yang diungkapkan juga oleh Dr. Amanda katili Niode

“Kelompok Blogger diharapkan dapat mengangkat pentingnya meningkatkan ekonomi desa dengan memanfaatkan program Perhutanan Sosial, yaitu menanam pohon-pohonan yang dapat menjadi bahan baku produk unggulan desa, dan menggulirkan ekonomi kreatif di desa tersebut.




Dijelaskan juga bahwa perhatian perempuan terhadap lingkungan lebih besar dibandingkan laki-laki. Sehingga adanya perubahan iklim akan berdampak bagi mereka.



Solusinya
  • Kita sebagai perempuan, bisa mulai pengurangan kantong plastik saat belanja di tukang sayur, atau supermarket, dengan membawa kantong kain atau pilih menggunakan dus daripada kantong plastik. Bawa wadah plastik sendiri dari rumah yang bisa dipakai ulang seperti tupperware atau lock and lock untuk beli ikan atau daging.

  • Jangan bakar sampah di rumah, sekarang belajar memilah sampah di rumah yang organik dan anorganik, biarkan diambil oleh tukang sampah, gunakan plastik sampah yang bisa didaur ulang seperti plastik dari singkong, yang gampang terurai. Plastik yang tak bisa diurai merusak lingkungan, bawa sedotan stainles saat minum di restoran, hindari pemakaian sedotan plastik.
  • Dari bidang fashion, bahan baju yang dipakai juga jika sudah tidak terpakai jangan dibuang begitu saja. Misal sisa menjahit baju atau baju daster beladus bisa dipakai percanya untuk bikin keset. Baju bahan jeans yang sudah tak terpakai, bisa kita jadikan pouch atau tas yang jika dikasih renda atau pita jadi cantik untuk dipakai. Pakai pembalut kain saat di rumah dan diapers kain agar  bisa dicuci ulang, kurangi pemakaian pembalut dan diapers sekali pakai.






                                               Ayam    Bakar Madu Produk Hutan,

 Ternyata hutan tak hanya sebagai tempat tumbuhnya pepohonan, tapi juga lebih dari itu. Bisa memberikan nilai ekonomi lewat produk kreatif berbasis hutan bagi warga dan sumbangan investasi bagi Negara.



Untuk itu, mari kita ikut peduli dalam melestarikan hutan


Jadi, sekarang kamu mengertikan? Betapa pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan.

           
                                                   Indahnya Hutan Mini Bogor

Saya sudah berbagi pengalaman soal perubahan iklim. Anda juga bisa berbagi dengan mengikuti lomba blog "Perubahan Iklim" yang diselenggarakan KBR (Kantor Berita Radio) dan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Syaratnya, bisa Anda lihat Lomba Blog KBR

4 komentar:

  1. Penasaran sama pengolahan bambunya. Ternyata bambu bisa dijadikan apa saja, pemanfaatannya jadi tak terbatas.

    BalasHapus
  2. Aku udah lama kepikiran buat punya sedotan stainles atau bambu sendiri buat dibawa bawa, sayangnya belum kesampean.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus